Sunday, December 12, 2004

12 Desember 2004...Part I: RS Pura. Jangan melahirkan disitu deh!

Karena ad kecil masih belum mau keluar, Mama yang selama itu di kamar bersalin disuruh masuk kamar inap. Malamnya punggung Mama sakit sekali, Mama sampai menggigil dan ga bisa bobo. Mana AC kamarnya engga ada remotenya lagi, gimana mo ngecilin coba. Ayah sampai khawatir lihat Mama menggigil gitu. Terus jam 2an Ayah antar Mama ke ruang bersalin lagi biar diperiksa lagi. Setelah diperiksa, suster bilang kalo sudah bukaan 5. Mama juga tanya apa ad kecil udah lebih turun. Kata susternya udah lebih bagus daripada sebelumnya. Mama jadi lega. Kalo gini kan berarti ada kemajuan. Kalo ada kemajuan kan Mama gak perlu sampai operasi.

Paginya jam 9an, Mama diperiksa lagi. Masih tetep bukaan 5. Susternya meriksanya engga enak deh, kasar dan kayak engga serius. Si suster terus lapor ke dokternya lewat telpon. Mama bisa dengar apa yang diomongin. Susternya kayaknya juga ngojok-ngojokin supaya Mama dioperasi aja. Ayah disuruh ngomong sama dokter lagi. Ayah diancam sama dokternya, kalo engga mau operasi, ad kecil bisa mati di dalam perut. Mama jadi tambah mangkel dan stress. Memangnya dokter itu apanya Allah. Yang menentukan hidup dan matinya manusia kan cuma Allah.

Terus Mama sama Ayah minta waktu buat rundingan lagi. Pas rundingan itu Mama cerita sama Ayah kalo susternya meriksanya engga enak. Mama sama Ayah juga heran, sakitnya tambah parah tapi kok bukaannya engga nambah. Karena ngerasa si suster meriksa engga niat, Ayah akhirnya nantangin dokter supaya meriksa sendiri. Dokter nyanggupin datang jam 13.00 sekalian operasi kalo memang ad kecil belum lahir. Habis itu Mama telpon Bapak sama Ibu supaya dateng ketemu dokternya. Siapa tau kalo ngomong sama orang yang sama tuanya jadi lebih jelas kenapa kok harus operasi.

Mama jadi kepikiran. Mama stress. Mama jadi malas makan pagi dan siang hari itu, cuma segelas susu yang Mama usahain tetap masuk. Biar ada sedikit tenaga buat bantu ad kecil keluar nanti. Kurang sih, tapi nafsu makan Mama bener-bener drop. Kakung jenguk Mama lagi. Kasian Kakung ikut bingung lihat ad kecil masih malas keluar. Mama sih sabar aja, cuma ya itu dokternya yang bikin Mama stress. Tau-tau pas Mama lagi istirahat, susternya datang, bilang kalo dokternya udah datang. Pas itu Mama lagi kontraksi, jadi engga bisa gerak. Tapi susternya maksa-maksa supaya Mama cepetan. Mama pengen pipis dulu aja engga boleh, katanya pipisnya nanti di ruang bersalin. Ya udah Mama ngalah. Sampai di ruang bersalin Mama ternyata engga bisa pipis dulu soalnya langsung diperiksa (susternya bohong, lihat aja nanti balasannya dari Allah. Bisa-bisa dia ngalamin hal yang sama, atau lebih parah..). Betulan, pas diperiksa, dokternya kesulitan soalnya kandung kemih Mama penuh. Mama langsung dikateter, dikasih selang supaya pipisnya cepat keluar. Sakit deh rasanya, soalnya dokternya kesusu-susu dan kasar. Kalo Mama lihat sepertinya si dokter ada acara soalnya pake baju batik, tapi engga tau itu mau berangkat atau udah pulang. Tapi kan tetep aja kalo jadi dokter engga boleh bersikap begitu. Pasien harus nomor satu. Kalo ada kesibukan lain ya nanti dulu, atau panggil aja dokter lain buat mewakili. Yang namanya pasien kan pasti badannya atau fisiknya sakit. Jadi pikirannya atau batinnya jangan tambah disakiti. Lihat aja balasannya dari Allah juga.

Allah itu Maha Adil, ad. Kalau kita berbuat pasti ada balasannya, baik itu perbuatan baik, atau perbuatan buruk. Memang kadang kita engga sadar udah berbuat jelek sama orang lain. Nah, pas kita ngalami hal yang buruk, kita harus sadar bahwa mungkin itu balasan dari apa yan gkita lakukan terhadap orang lain. Mama juga sadar bahwa mungkin Mama mengalami ini sebagai peringatan dari Allah atas apa yang pernah Mama lakukan sama orang lain, baik Mama sadari maupun engga.

Setelah diperiksa dokter, dokternya bilang masih bukaan 5. Dokternya suruh operasi. Mama tanya, kenapa engga bisa ditunggu lagi sih. Kata dokter ad kecil udah lewat bulan, padahal kan masih dalam minggu ke-40. Dimana-mana Mama baca kalo hamil itu sampai 40 minggu masih dalam batas normal. Baru kalo lewat minggu ke 42, perlu dilakukan tindakan. Itu juga dikasih obat induksi dulu, engga langsung main operasi aja. Dokter juga bilang kalo menurut teori, kalo persalinan udah mulai (udah mulai bukaan) maka harus diakhiri dalam 24 jam. Mama baca dimana-mana juga engga pernah ada teori kayak gitu. Udah gitu pas Mama tanya sebetulnya penyebabnya apa kok sampai gini, dokternya jawabnya engga jelas. Katanya sebabnya bisa macam-macam, tali pusat kependekan (lho, kan placenta ada dibawah, ga mungkin dong kependekan), kebelit tali pusat, terus apalagi gitu, Mama lupa. Jadi dokter engga punya alasan yang jelas gitu. Makanya Mama tetep keukeuh ga mau operasi. Tapi tetep ada rasa khawatir jangan-jangan bener kata si dokter. Makanya Mama selalu bicara sama ad kecil supaya kuat, supaya tetap bertahan. Ad kecil ingat kan? Mama yakin ad kecil dengar…

Karena Mama tetep gak mau operasi, dokter buatin surat pernyataan. Isinya si dokter sama RS Pura engga mau tanggungjawab kalo sampai Mama dan atau ad kecil sampai kenapa-kenapa, soalnya engga mau dioperasi. Habis itu dokternya langsung pergi. Bapak sama Ibu belum datang tuh waktu itu. Kan belum jam 13.00. Pas Bapak sama Ibu datang, dokternya udah pergi. Ayah, Mama, sama Bapak Ibu rundingan lagi. Bapak sepertinya lebih percaya sama dokternya, soalnya si dokter yang ditelpon itu ngomongnya gitu juga. Sementara Ibu cenderung engga setuju, soalnya temennya bilang selama ketuban belum pecah, masih bisa ditunggu. Kadang memang bisa berhari-hari katanya. Tapi Bapak sama Ibu tetep nyerahin keputusan sama Ayah dan Mama. Sementara Ayah sendiri nyerahin ke Mama karena Mamalah yang paling bisa ngerasain.

Mama memutuskan untuk keluar dari RS itu. Buat apa tetep disitu kalo mereka udah lepas tanggungjawab sama kita. Tapi sebelum itu, Mama harus pastikan dapat RS dan dokter lain. Sudah bukaan 5 masa mau pulang. Kalo sampai lahir di rumah kan lebih ribet lagi. Ya kan? Mama coba telpon Tante Ervin yang instruktur senam, tanya apa bisa Mama masuk RSI 2 dadakan. Juga tanya referensi dokter yang mau terima Mama dengan kondisi yang setengah jalan. Tante Ervin kasih saran Mama untuk telpon dokternya dia dulu, namanya dokter Indy. Mama telpon dokternya dan jelasin kondisi Mama. Alhamdulillah dokternya engga ribet. Dia malah bilang “ayo sekarang saya periksa di RSI”. Lho, Mama jadi bingung soalnya kan masih di RS Pura. Setelah ada keputusan, Ayah cepat-cepat ngurus keluar dari RS itu. Ayah juga sempat sholat istikharah biar dikasih jalan dan dikasih ketetapan hati sama Allah.

No comments: