Sunday, December 12, 2004

12 Desember 2004...Part II: Alhamdulillah, bisa pindah ke RSI 2

Jam 14 lebih Mama pergi dari RS Pura. Mama masih bisa jalan keluar dari RS. Mama juga heran kok bisa udah bukaan 5 masih bisa jalan. Mungkin karena Mama udah kadung jengkel disana, jadi pengen cepet-cepet pergi. Jam 14.30an sampai di RSI 2. Mama masih sempat jalan kira-kira 15 meter, terus kontraksi datang lagi. Kali ini Mama gak kuat jalan. Untung ada pak satpam yang udah mau pulang sebenernya, masih sempat ambilin kursi roda buat Mama dan antar Mama sampai ke depan pintu ruang bersalin. Semoga Allah membalas perbuatan baiknya. Semoga dimudahkan hidupnya sebagaimana dia sudah memudahkan kita waktu itu ya ad.

Masuk ke ruang bersalin, entah kenapa hati Mama berubah jadi tenang. Apalagi dibantu suster-susternya yang baik-baik. Baju Mama langsung diganti dengan baju RS, terus Mama diperiksa. Ternyata bukaan sudah 6-7 lho. Wah, kok bisa ya? Padahal tadi di RS Pura kok 5 melulu. Mama jadi heran. Habis itu Mama dikasih alat yang bisa rekam jantung ad kecil. Wah, jantung ad kuat deh. Bunyinya keras geruduk-geruduk kayak suara tapak kaki kuda lari. Alhamdulillah hasil rekam jantungnya bagus dan stabil. Itu baru anak Ayah, ya nggak?

Terus ada yang lapor kalo Mama belum makan pagi dan siang. Mama lupa siapa yang bilang, Ibu, atau Mama sendiri yang bilang sama susternya ya? Yah pokoknya gitu deh. Jadi terus susternya cariin makan buat Mama. Tapi karena jam makan siang dah lewat, jadi Mama cuma dapet teh manis. Lumayan... Tapi itu juga agak susah masuknya, soalnya waktu itu kontraksinya dah mulai kencang banget. Jadi mo ngapa-ngapain dah agak susah.

Kurang dari sejam kemudian dokternya datang. Wah, dokternya engga tampang dokter..hihihi.. Tapi kita kan engga boleh lihat tampang doang. Ingat kan ad, ‘Don’t judge the book by its cover’. Dokternya ngecek semua. Termasuk luas panggul Mama (kalau panggulnya luas atau lebar, berarti bayi lebih gampang keluarnya). Kata dokter panggul Mama cukup luas kok, Insya Allah Mama bisa melahirkan normal. Terus karena Mama belum makan, dokternya nawarin untuk diinfus aja, biar ada makanan yang cepat masuk. Selain itu dokternya bilang kalau ad kecil bakalan diinduksi, biar bantu cepat keluar. Nah induksinya itu sekalian dilewatin infus. Mama dah gak peduli, pokoknya iya aja. Jadi akhirnya Mama dipasangin infus di tangan kiri. Waktu itu dokter juga bilang, ‘Wah, gimana ini kok engga makan seharian, nanti engga kuat ngedennya’. Hmm, Mama jadi agak nggak terima. Dalam hati Mama janji, pokoknya makan gak makan Mama tetep harus bisa ngeden bantu ad kecil keluar.

Wah, seumur hidup Mama belum pernah pake infus. Ternyata lumayan sakit juga. Apalagi tangannya engga boleh gerak-gerak. Eh, ad kecil, kalo Ayah pernah beberapa kali lho diinfus. Soalnya Ayah pernah sakit demam berdarah (harus nginap di RS 8 hari lho!), sama operasi usus buntu. Oya, Mama sempat tanya sama suster dan dokter, kira-kira ad kecil besarnya seberapa? Suster yang namanya Wiwid ngukur perut Mama, terus katanya kira-kira 3,3 kg lebih. Sementara dokter memperkirakan 3,5 kiloan. Hihihi.. ternyata meleset semua ya ad...

Kira-kira jam 17.00an, Dokternya tau-tau masuk lagi. Terus ketuban (itu lho, bola isi air yang selama ini melindungi ad kecil) dipecah untuk bantu ad kecil biar gampang keluarnya. Wah, airnya banyak sekali lho. Mama sampai takut ad kecil kekurangan air di dalam sana. Mama sempat tanya sama suster, gimana warna airnya (soalnya kalo kental dan keruh itu engga baik buat bayi, dan bayi harus bisa cepat-cepat lahir. Kan makannya lewat air itu, kalo airnya kotor, bayinya bisa sakit). Kata suster udah mulai hijau warnanya, tapi engga kental dan masih lumayan jernih. Wah, itu pasti karena ad kecil dah pup di dalam, jadi airnya agak kotor.

Waktu itu kontraksinya selain dah kencang juga udah beda, ad. Kalo sebelumnya bikin perut tegang dan punggung Mama sakit, sekarang juga ditambah ada rasa pengen ngeden kayak mau pup gitu. Susternya sering ngingatin Mama supaya nahan ngedennya. Soalnya belum waktunya dan bisa bikin Mama kehabisan tenaga. Tapi susah nahannya, ad. Soalnya pas kontraksi rasa pengen ngedennya refleks, kayak ketarik perut gitu. Mama jadi engga sabar. Sebentar-sebentar Mama panggil susternya supaya periksa Mama. Soalnya kalo bukaan dah penuh kan Mama jadi boleh ngeden. Tapi rupanya Mama masih harus sabar sebentar lagi. Soalnya meski bukaan sudah penuh, masih ada yang kurang sedikit kata susternya. Wah, Mama berdoa terus tuh. Doa apa aja dibaca. Bukan Mama aja sih, semua yang ada disitu juga bantu doa.

No comments: