Thursday, April 5, 2007

Toilet Training

Terhitung sejak mid Maret atau Darris umur 27 bulan, Darris dah lulus toilet trainingnya. Alhamdulillah!
Ini semua berkat gatel-gatel...

Lho??

Sebetulnya dah dari awal tahun ini Darris kita cobain no diaper at daylight. Tapi ngocor melulu. Cuma pup aja yang sukses. Itu juga karena terjadwal abis mandi sore ditongkrongin dulu di pispot sambil nonton tv. Karena masi ngocor begitu, kita ga berani free diaper pas dia tidur (baik siang maupun malem), soale kuatir mak byor sak kasur..Palingga korban di guling lah..Terus ada apa ya waktu itu sampe akhirnya malah balik full diaper lagi?..Ah, dah lupa kenapa.

Nah, sekitar sebulan lalu Darris tau-tau kena gatel-gatel dideket pe**s-nya situ. Pertama dikira gatel biasa, dikasi Zwitzal zinc juga paling dah sembuh..Hmm, ternyata makin hari makin melebar. Mulai bingung deh. Knapa yaa?
Pas adeknya ada jadwal ke dokter untuk imunisasi, Darris ikut sekalian. Dapetlah itu dua biji salep dari DSAnya..Jalan seminggu, radangnya makin lebar..Ndak mempan rupanya. Kita sempat coba untuk no diaper. Tapi ternyata malah jadi kesempatan untuk digaruk-garuk dan walhasil tuh radang malah nambah satu lagi. Sama mama Darris langsung dibawa ke dokter umum langganan (dan so far selalu cespleng). Disitu dikasi salep lain. Trus mama laporin soal garuk-menggaruknya. Akhirnya dikasi anti-histamin supaya ga garuk-garuk lagi.

Besoknya, Darris mulai copot diaper. Pas bobo siang dan malem juga. Tapi kita dah siapin perlak tuh..(klo soal gulingnya kita pasrahin aja deh). Diliat beberapa hari ternyata selama bobo itu Darris ga perna ngompol lho. Sebelumnya sempat mama perhatiin juga diapernya sering-sering rada kering gitu. Kalo pup Darris juga dah ga di pispot lagi. Soale ternyata lama-lama pispot itu dianggep dingklik sama Darris. Tahan lo dia sejam nongkrong disitu. Kadang klo diangkat diajak cebok malah nangis-nangis seakan tak ingin berpisah dengan tu pispot...*beh, kok sampe gitu yah?* Karena bosen gegeran mulu tiap mo cebok, akhirnya mama keluarin simpenan bantalan tambahan buat toilet (bisa dibeli di toko-toko bayi, tidak sampe 50rb..asal jangan yang merek looo...bisa 300rb melayang untuk barang yang sama sebangun!). Dulu pas pertama dibeli, Darris ga mau nyoba. Ngeri kali ye, takut kecemplung toilet yang bagi dia segede kali di perempatan Nginden..:D Tapi kali ini alhamdulillah Darris langsung mau dan langsung bisa pup pake itu.

Tentang radangnya, alhamdulillah udah ga merah seperti sebelumnya, dan kayaknya dah berenti membesar juga.

Sekarang terhitung sudah dua minggu Darris bebas diaper. Selama itu luput ngompol dua kali sementara luput pup belum pernah *jangan ya Ris...*, dan radang sudah sembuh.

Kakak pinter deh!
Bintang yang buesar buat kakak!


Update
----------

Ada yang rekwes itu dudukan engga jelas penggunaannya. Supaya lebih jelas, ini dah mama poto ulang..Gini nih..

4 comments:

Razzan said...

Wow, 27 bulan ya. Razzan masih 21 bulan, brati masih ada waktu 6 bulan ya buat razzan..kekeke *dasar emaknya pemalas*

Kirana said...

Asal ojok berharap keno gatel-gatel sik ae fah...:D Buat Razzan, cepet lulus toilet training yaa...biar emak ga dianggep pemalas...(sing nganggep awakmu dewe lhoo)

ayah said...

Buat Mama, ayah seneng banget punya istri secanggih mama. Orangnya pinter sih. Buat mas Darris, ayah kangen sama mas Darris. Mas Darris pinter deh. Muah buat semuanya.

Keluarga Zulkarnain said...

Wah..jangan2 mitos orang 2 sepuh itu bener yaaa..

Kalau sakit tandanya mau pinter..

Wakakakak

Bunda Shafiya

www.galeri-bunda.com