Friday, June 27, 2008

Hati-hati belanja di http://vitaminplus.multiply.com!

Saya sudah posting kasus ini di multiply saya: http://kirana21.multiply.com/journal/item/104

Sebelumnya saya tekankan, bahwa online store ini MUNGKIN tidak berniat menipu. Tapi dalam kasus saya JELAS2 LALAI, dan menimpakan kesalahannya tersebut kepada saya selaku customer.

Jadi ceritanya, saya ketemu link ini (http://vitaminplus.multiply.com/photos/album/5/SALE_ORIGINAL_BRANDED_SKIN_CARE , konten sudah di delete sejak saya posting di multiply saya), trus saya beli satu set krim siang dan malam, Clinique seri Repairwear seharga 300rb/set (2 biji). Saya transfer pembayarannya tgl 28 Mei 2008. Barang sempat salah kirim, yg sampai pertama kali set lain isi 3 biji. Tanpa meminta maaf, seller menyuruh saya kirim balik. Saya kirim balik dengan ongkos pribadi. Barang pengganti dikirim. Barang yg terakhir ini tidak tersegel sebagaimana barang yg salah yg pertama kali. Hanya dimasukkan plastik berklep seperti plastik tempat obat dari apotik.

Barang yg saya peroleh, ternyata krim malamnya sudah rusak. Warnanya coklat, teksturnya memadat hingga tinggal separuh dari wadah potnya, dan baunya meski samar, mulai tercium bau lilin, bukan parfum lembut seperti biasanya krim yg bagus. Meski saya sempat ragu2, tapi karena krim siangnya ga ada masalah, saya sempat pake krim yg rusak 2-3x, sampai akhirnya kroscek ke teman apa krim ini teksturnya masi bagus. Saya juga sempat kena jerawat kecil2/bruntusan yg dimungkinkan karena krim yg rusak itu, karena setelah saya hentikan pemakaiannya, jerawat ilang lagi.

Saya juga sempat browsing mencari perbandingan foto isi krim yg tidak rusak dari situs2 online shop. Sebetulnya dari dus barang sendiri sudah jelas terlihat perbedaannya. Harusnya krimnya putih susu, dan tekstur tidak padat. Bertekstur krim sebagaimana umumnya, dan seperti krim siangnya, walau yg krim siang warnanya pink (sama seperti gambar2 lain dari web dan gambar dikemasannya). Dan ke konter resmi Clinique untuk melihat krim aslinya seperti apa (tapi di waktu ini saya tidak memfotonya dan tidak menanyakan ke Salesnya).

Saya minta solusi atas masalah ini lewat sms (karena saya berusaha hemat telp secara lokasi saya di Semarang, sementara seller di Jakarta), tapi seller bersikukuh bahwa barang sudah dibuka dan dipakai, tidak mungkin diganti.

Lhaaa...barang rusak kok...
Kalau barang tidak rusak, walau saya jadi jerawatan, bisa jadi saya tidak berhak meminta ganti/komplain. Saya persilakan seller bila mau mengganti barang yg rusak saja dengan barang yg bagus, atau mengembalikan uang saya separuh.

Tapi seller jawabnya muter2:
- barang sudah dibuka & dipakai, tidak mungkin dikembalikan/diganti (tidak masuk akal karena tanpa dibuka, mana saya bisa tau barang rusak atau tidak)
- seller menjual barang per set, jadi tidak bisa diambilkan barang pengganti dari set lain (padahal krim siangnya saya yakin tetep akan bisa terjual kalau dijual terpisah)

.... dan malah menuduh saya seperti:
- mengurangi isi kemasan (karena tinggal separuh, padahal memang begini kalau krim kadaluarsa dan memadat)
- membandingkan KUALITAS dengan produk lain (saya sempat membandingkan tekstur dan warna krim rusak dengan Oriflame Tendercare HANYA SUPAYA seller paham seperti apa realitasnya, jadi saya tidak bicara KUALITASNYA, karena peruntukannya memang beda)
- menghancurkan bisnisnya (kepentingan saya apa atas rusaknya bisnis dia?? saya jelas2 tidak punya bisnis yg berkompetitor dengan bisnis dia)
- menteror sms (lha saya menjelaskan kondisi barang per sms, pasti butuh lebih dari 1x160 char sms lah. saya beberapa kali sms 2x160 char, sementara seller sibuk ngeles, menuduh saya, bahkan memaki saya dengan balasan 4x160 char dalam beberapa kali sms).

Sampai akhirnya seller menyuruh saya membandingkan dengan produk yg ada dikonter, meminta pernyataan dari Sales bahwa barang tersebut memang rusak/kadaluarsa seperti yg saya bilang, dan dia mengancam akan mengurus hal ini ke Clinique Jakarta untuk membuktikan bahwa dia tidak seperti yg saya tuduhkan (lha saya ngga menuduh apa2, cuman mau minta tuker barang kok jadi ribet =P).

Fine, saya ke konter, memfoto barang rusak saya dijejer dengan tester dari konter. Si mbak sales juga menyatakan bahwa barang tersebut, kalo palsu mungkin ngga, tapi pasti rusak atau kadaluarsa (persis seperti dugaan saya, tidak pernah terlintas juga di saya kalau barang tersebut palsu).


*foto perbandingan antara krim saya yg rusak dg tester dari konter Clinique*

Sampai hari ini, hanya ada satu respon dari seller berupa posting komen di multiply saya, yg isinya tetep seperti smsnya. Ngeles, menuduh balik, dan tidak ada solusi.
Selain itu tidak ada respon dari seller padahal saya sudah PM multiply, sms. Yang ada cuman beberapa komen lagi dari orang lain yg gaya bahasa, kalimat, dan cara nulisnya persis seperti seller. Dan seller mendelete link ke barangnya yg saya cantumkan di posting saya, sekaligus memblock saya dari akses ke multiply online shopnya.

Saya sudah mencatat data nama dan rekeningnya di halaman depan http://vitaminplus.multiply.com.
FOR ORDER SMS TO :
HP : 0818-724480 ATAU HP : 021- 99561189

TRANSFER PEMBAYARAN KE :
A/N : VERA THERESIA T
BCA : 624-0138857
BNI : 000 4318372

Saya juga masi simpan alamat kantornya karena waktu itu saya sempat kirim balik barang yg salah.
Wisma GKBI, lt 20 room 2002
Jl. Jend Sudirman no 28
Jakarta Pusat 10210

Semoga ini menjadi pelajaran bagi yg lain.
Bila ada yg mengenal seller ini saya minta tolong dong dibantu

Terima kasih banyak,
Kirana

ps:
- foto2 dan komen2 yg lebih jelas dapat dibaca di posting Multiply saya http://kirana21.multiply.com/journal/item/104

1 comment:

infoGue said...

artikel anda ada di:
http://belanja.infogue.com/
http://belanja.infogue.com/hati_hati_belanja_di_http_vitaminplus_multiply_com_

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!