Tuesday, July 15, 2008

2 jam di Bea Cukai

Critanya dirikuh ada kiriman (blanjaan onlen gituh, entah yang mana), eeeeeeehhh tau2 dapet panggilan dari kantor pos Semarang Erlangga, kena palak 151rb....
HOEEEHHHH???!!!

Kaget?
Embwer!
Soalnya blanjaan udah diitung secermat mungkin ndak mungkinlah sampe kena segitu (kalo berdasarkan perhitungan yg bener lho yaa..bukan itungan jadi-jadian...heheheh). Makanya, sebelum kesana, ngumpulin dulu bahan-bahan sanggahan untuk keberatan *halah!*, antara lain:
- print sharing di satu site tentang palak kiriman yg dinyatakan sebagai 'gift'/kado
- print invoice salah satu belanjaan yg dicurigai (diliat dari nominal palaknya kemungkinan $50-$60)
- print daftar bea masuk, yg ada statement "Total Value equal to US$ 50 or less, import duty are exempted" dari http://ems.posindonesia.co.id/custom.html.

Kepake?
Kaga...
Huehehehehehe...
Lha wong daku ngeprint invoice blanjaan yg lain =D
Ternyata sampe sana kirimannya ternyata belanjaan yg dari ebay, harusnya $34.05 (masuk kategori bebas pajak), tapi entah

gimana dari sononya tulisan ga jelas jadinya kebaca $102. Maka jadilah kena palak segitu. Tapi langsung diberesin kok waktu setor print out invoice aslinya. Sip dah.

Naaahhh, sambil nungguin dokumen diberesin inilah gue chit chat sama si Bapak BC. Mayan euy, dapet banyak ilmu. Diantaranya yang berikut ini:

1. Kiriman senilai $50 kebawah, bebas pajak dengan syarat:
a. bobot dibawah 20kg
b. bukan berupa barang banyak dengan nilai kecil. contoh: kancing 2 kerdus gede, tapi $40 =D
c. bukan kiriman yg berturut-turut dengan penerima yang sama. contoh: sehari 2x, seminggu 4 hari, kiriman $30-$40, semua ke Mega, alamat Jl. Ampera (peaceeee nek!! wakakakak). Kasus begini, kiriman yg duluan lolos, tapi yang belakangan kena. Oiya seminggu sekali ngga terhitung berturut-turut =D (katanya si bapak lhooo...)
d. tidak diatasnamakan kantor (PT, CV, dkk).

2. Ngga pernah ada aturan, paket yg dinyatakan as gift/kado itu bebas pajak.
Jadi ada maupun ngga ada invoice/cantuman value barangnya, akan tetap dikenakan pajak sesuai aturan.

3. Ongkos kirim, sebaiknya minta kepada seller untuk tidak ditulis dalam invoice. Karena yang diliat bea cukai adalah total invoicenya. Jadi klo mau menghindari pajak, ato setidaknya mengurangi beban pajak, ongkir ngga udah ditulis. Karena memang sebenernya ongkir ini ngga termasuk yang kena pajak sih.

4. Perhitungan pajaknya:
Contoh: nilai kiriman $70, kurs (biar gampang) $1 = Rp 10.000

Nilai yg terbebani pajak: $70-$50 (yg bebas pajak) = $20 = Rp 200.000,-

Bea Masuk: 10% x 200.000 = 20.000
(maka nilai kiriman jadi 220.000)

PPN: 10% x 220.000 = 22.000

PPh 21: 7,5% x 220.000 = 16.500

Jadi total pajak yg harus dibayar: 20.000 + 22.000 + 16.500 = 58.500
(kadang sama kantor pos ditambah lagi sekitar 10rb ongkos bungkus ulang, maka tarikan jadi 68.500 =D)

Catatan: prosentase bea masuk, ppn dan pph 21 ini adalah untuk kiriman jenis kosmetik yah...detil untuk jenis barang lain diantaranya bisa diliat di http://ems.posindonesia.co.id/custom.html.

5. Barang seken, terutama seken yg masi ada harganya semisal hape, bakalan dinilai 40% dari harga barunya. BC ngga ada perhitungan bahwa barang tersebut harganya beda disononya, ato bahwa barang tersebut hadiah dari sodara di US misalnya.
Contoh: Hape yg harga barunya Rp. 1.000.000,-, sekennya dinilai 40% = Rp. 400.000. Ngga ada pengaruh semisal si sodara nulis value 100 ato 200rb, bakalan tetep dianggep 400rb =D
(beacukai langganan tabloid PULSA untuk memantau harga hape sodara-sodara =D)
Jadi kalo yg nilai sekennya tetep diatas $50, akan dikenakan perhitungan seperti poin 4.

Ya udinda, yang inget baru segitu dulu =D
Semoga membantu mencerahkan *halah!*

6 comments:

Anonymous said...

wah bagus nih buat sosialisasi, biar jelas, dagh gak jaman pake calo, kalo biayanya segitu ama calo atau kurir bisa di dobel2in tuh huehehehe

BrongkolRaya said...

Hii.hii.. untung baru sekali ketahuan. ternyata orang bc bisa kita kadalin juga ya. Kasihan deh lu.Kasihan dech bu Mul,Kacian Pak bambang.Kacian dech depeer.kacian dech orang2 kecil.Kacian dech penerima beelte. dan kalian2 yg mudah kita boongin..Rasain lu.

nichan said...

cerah, bangetttttt...(^.^)

nichan said...

point 1b...gue jadi inget baca sharing orang yang pernah beli kayak barang seken apa gitu tapi kecil-kecil BUANYAK! nilai totalnya kecil-lah...heee, kena bea sampe 3 juta...
terus pernah baca info di salah satu web bahwa meski barang seken tapi tetep bea cukai ada semacam dasar penilaian sendiri...istilahnya mah, fair-value-nya si barang itu...

Lovely Shanaya said...

bagus
aku posting di blogku ya mba buat pencerahan temen2 ku

Unknown said...

bisot,
iya urusan begini emang kudu ditongkrongin sendiri sih.

nichan,
iya jadi kek HP/BB gitu mereka pantau. langganan tabloid pulsa :))

lovely shanaya,
monggo jeng. kalo bisa dilink balik kesini yaa. semoga bermanfaat deh.