Thursday, December 18, 2008

Babysitter

Semalem kontrol lagi ke Hermina.
Briefly, si baby mukanya antara Darris dan Dellynn :D
Kata dokter alhamdulillah semua normal. Plasenta juga walo posisi rada dibawah tapi kecil kemungkinan previa. Dan kemungkinan cowo makin bertambah soalnya kemaren ada yang kayak monasnya :D

Hubungannya sama judulnya apaaaaaaaaa??
Iya belon sampe situ :D

Gue...
Sama sekali ngga against babysitter ato asisten dalam bentuk apapun. Konteksnya disini dalam pengurusan bayi dan anak yah, bukan rumah tangga secara umum. Cuman gue selalu ngerasa miris dan tersayat di hati kalo ngeliat baby, terutama dibawah setahun yang meringkuk di gendongan si babysitter sambil kadang kalem ngedot. Lebay ga sih gue? Tapi gue bener-bener ngerasa kek sakit ati gituh ngeliatnya.

Seperti semalem di Hermina.
Gue liat ada sepasang suami istri, anaknya kira-kira 4 bulanan. Ngedot di gendongan babysitternya (pake seragam BS gitu). Gue ga liat ada anak lain yang mungkin kakak dari bayi itu. Gue liat si emak bawaannya kuitansi ama tas cangklong, si bapak gotong tas baby.
Jadi itu emak-bapak ga lagi repot ngasuh anak-anak lain dong yah?

Mbok yaaaaaaaa...babynya itu digendong salah satu ortu kenapa???
Klo si emak repot bebayaran, ya si bapak laaaahhh...
Emang itu anak si BS??
Si BS mah suruh gotong-gotong tas baby aja. Tas baby mana perlu bonding?
Kalo perlu si emak bapak itu duduk manis pangku baby sambil ngudang (apa sih bahasa Indonesianya ngudang? maksudnya ngajak main, interaksi, stimulasi, godain, gitu-gitu deh...) ke si baby, sementara si BS aja suruh kelilingan ngantri dan bebayaran.

BS jobdesc-nya bukannya asisten emak ngurusin anak yah? To assist, MEMBANTU. Bukan being the baby's primary caregiver (mbuh bahasa gue bener gak :P), pengasuh utama si bayi. Ya kalo emak bapaknya lagi ga ada, katakanlah dua-duanya kerja mah lain lagi critanya yak. Lha ini dua-duanya ada! Dan malah pada gembol barang-barang gak penting gitu loh. Gregetan gue! (gregetan apa sih indonya? gemes kali yah?)

Baby, apalagi dibawah setahun, lagi penting-pentingnya butuh bonding. Butuh dua orang tuanya. Ato etlis salah satu lah, biasanya si emak, dan paling gampang lewat jalur ngasih ASI. Bonding ini memenuhi kebutuhannya akan keamanan, kenyamanan, dan kesejahteraan terutama psikologis. Jaminan bahwa dia ngga ditelantarkan. Jaminan bahwa dia hidup di luar perut itu kondisinya tetep seperti di dalam perut. Penuh pelukan, hangat, selalu dekat jantung hati ibu, selalu dengar suara ibu, selalu jadi bagian dari ibu...
Kalo ibu capek, overwhelmed, emosi kacau, ya bagian bapaknya toh. Sekedar gendong, ayun-ayun, ngajak main, kelitikin, bahkan jadi breastfeeding father pun masi bisa.

Bear in mind, it's YOUR BABY! It's YOUR BLESSING!
Emak doang, ato bapak doang gak mungkin jadi jadi anak.
Emak sama bapak jadi tim aja blon tentu jadi kok klo ngga ada campur tangan yang Niupin Napas.
Syukurilah udah diberkahin anak...
Ga kurang diluar sana yang sampe nangis bertahun-tahun karena pengen diberkahin anak...
Ga kurang gue denger cerita temen yang tiap bulan nangis tiap dapet mens...

Semoga gue sendiri masi terus bisa berperan sebagai ibu, bukan sekedar seksi hamil dan melahirkan...
Semoga DJ masi terus bisa berperan sebagai ayah, bukan sekedar setor bibit...
Amiiinn...

keterangan foto: Darris Dellynn usia 3 bulan

No comments: