Sunday, October 10, 2004

30 minggu...Cari informasi tentang kehamilan sungsang


Minggu-minggu ini Mama kepikiran banget soal sungsangnya ad kecil. Jadi Mama tanya-tanya ke orang-orang dan coba cari informasi dari mana aja soal kehamilan sungsang.

Kehamilan sungsang itu ada banyak macamnya. Tapi yang mungkin lahir normal biasanya cuma yang bokong dibawah. Kalo kaki dibawah agak susah, soalnya kemungkinan nyangkutnya besar. Mama tanya sama Ibu, kan Tante Dhani dulu lahirnya sungsang bokong dibawah. Bisa sih lahir normal, tapi Tante kan anak kedua. Mama juga tanya sama teman Mama yang hamilnya lebih tua. Tante Ifa (Tatum) bilang dulu anaknya juga sungsang tapi bisa balik lagi dan akhirnya lahir normal. Dia juga bilang kalo sungsang di usia kandungan 7 bulanan itu biasa. 90% kehamilan sungsang bakalan balik ke posisi normal asal kehamilannya cukup bulan. Wahh, Mama lega dengarnya. Moga-moga kita termasuk yang 90% ya ad.

Mama juga sempat tanya sama istri bos Mama waktu itu. Istri bos bilang engga mungkin mutar lagi, soalnya kan udah masuk bulan ke-8. Bayinya udah kebesaran buat mutar, tempatnya udah engga cukup. Aduuh, Mama jadi kepikiran lagi. Padahal istri bos itu kan dokter...

Mama juga banyak cari info dari buku dan internet. Tapi lama-lama karena kebanyakan info Mama jadi bingung sendiri. Akhirnya Mama tetapin hati untuk latihan seperti yang disuruh dokter. Mama juga banyak baca surat Maryam, yang isinya ada bagian yang menceritakan Maryam waktu hamil Nabi Isa juga agak kesulitan melahirkan. Mama baca itu untuk menguatkan hati bahwa apapun yang terjadi, semua itu adalah kehendak Allah. Cuma Allah yang bisa merubahnya. Betul kan ad?

No comments: